4 Danau yang Wajib Dikunjungi Saat Berwisata ke Bali

by Yg punya blog

Saat berwisata ke Bali pastinya anda akan menikmati keindahan pantai-pantainya, seperti pantai Kuta, Nusa Dua, Dreamland, Padang-Padang maupun Pantai Sanur. Selain pantai-pantai tersebut, Bali juga memiliki empat danau yang indah yaitu danau Batur, Beratan, Buyan dan danau Tamblingan.

1. Danau Batur (Kintamani)

2.Danau Beratan (Bedugul)

Danau Beratan terletak di daerah Bedugul, Kecamatan Baturiti, Tabanan dan merupakan salah satu danau yang paling banyak pengunjungnya. Hal ini tidak mengherankan karena danau ini memiliki pemandangan yang indah. Di pinggir danau terdapat sebuah pura yang eksotik yaitu Pura Ulundanu Beratan. Pemandangan pura dan danau ini juga diabadikan di pecahan uang 50 ribu rupiah sehingga kebanyakan wisatawan lokal akan berfoto dengan setting persis seperti gambar uang ini. Saya melihat setiap pengunjung begitu antusias berpose dengan latar belakang pura, danau dan gunung di belakangnya.

Di areal depan pura dihias dengan taman yang cantik oleh aneka ragam bunga dengan berbagai warna. Pohon cemara yang tinggi juga membuat suasana taman semakin lengkap dan indah.. Di saat cuaca cerah ambilah foto pohon cemara dengan latar belakang langit yang berwarna biru cerah dan anda pasti akan kaget melihat hasilnya. Bagi yang ingin menikmati suasana romantis atau sekedar seru-seruan di danau bersama teman-teman anda bisa menyewa perahu yang banyak disewakan di sana. Selain danau Beratan, bagi pecinta tanaman atau bunga bisa mengunjungi Kebun Raya Eka Karya Bedugul. Di kebun raya ini mobil diijinkan masuk sedangkan buat anda yang naik motor diwajibkan untuk memarkir motor di luar kebun raya. Setelah puas menikmati keindahan dan kerindangan kebun raya, anda bisa mampir ke pasar Bedugul yang menjual berbagai macam buah-buahan terutama strawberry, bunga beraneka macam warna, jagung rebus, makanan ringan maupun oleh-oleh khas Bali. Di area Bedugul ini juga terdapat Masjid besar Al-Hidayah bagi umat muslim yang mau melaksanakan sembahyang. Lokasi masjid ini berada dipinggir jalan raya Denpasar-Singaraja tepat berseberangan dengan danau Beratan. Bagi anda yang berniat untuk bermalam disini terdapat beberapa hotel yang bisa dijadikan pilihan untuk menginap.

3. Danau Buyan

Danau Buyan terletak di Kecamatan Sukasada, Kabubaten Buleleng. Meskipun pemandangannya tak secantik danau Batur maupun Beratan tetapi cukup menarik juga untuk dikunjungi. Suasana yang sejuk dan tenang merupakan daya tarik tersendiri dari danau Buyan. Fasilitas dari tempat wisata ini memang masih sangat sederhana, dan mudah-mudahan ke depannya Pemerintah Kabupaten Buleleng bisa lebih menata tempat menarik ini supaya tidak kalah dengan danau danau lain disekitarnya. Di dekat danau ini tepatnya di jalan yang menghubungkan Denpasar-Singaraja banyak terdapat monyet-monyet lucu yang cukup menarik untuk dijadikan obyek foto dengan latar belakang danau Buyan. Tak jauh dari danau Buyan terdapat pura Yeh Ketipat yang cukup indah untuk dikunjungi. Bagi anda yang suka menikmati kesegaran air terjun, tak jauh dari sini tepatnya di desa Gitgit terdapat 3 air terjun yang jernih yaitu air terjun Git-Git, Bertingkat dan air terjun Kembar (Twin waterfall).

4. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak bersebelahan dengan danau Buyan tetapi danau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Banjar, Buleleng. Meskipun merupakan danau terkecil di antara keempat danau yang ada di Bali tetapi pemandangan yang disajikan tak kalah menarik. Di dekat danau ini juga terdapat pura yaitu Pura Gubug Tamblingan. Tak jauh dari danau Tamblingan terdapat desa Munduk yang sangat asri dengan tipologi perbukitan yang indah. Di sini juga terdapat air terjun Munduk yang sangat sejuk airnya.

Demikianlah ke empat danau yang ada di Bali. Jika anda berwisata ke Bali dan menginginkan suasana sejuk anda bisa mengunjungi salah satu dari danau-danau tersebut.

[Sumber : Kompasiana, gambar: Flickr]

I love Bali, I love Indonesia, Kapan yah bisa ke Bali??? Bali i will come, i will see your beauty