Ikan, Menu Kaya Gizi yang Patut Dipertimbangkan

by Yg punya blog

MENIKMATI makan siang bersama keluarga dengan sajian ikan nila bakar didampingi sayur asam khas Kalimantan memang pilihan yang tepat.
Karena selain memiliki rasa yang nikmat, kandungan gizi jenis ikan air tawar ini sangat tinggi dan kaya akan protein.
Selain itu, makanan pendamping berupa sayur asam yang di dalamnya terdapat berbagai macam sayur-sayuran seperti terong asam, ketimun, kubis, dan kacang panjang pastinya kaya gizi yang sangat berguna bagi tubuh.

Di Pangkalan Bun ini, ada banyak tempat makan yang menyajikan menu ikan bakar, misalnya warung makan Amang Balle yang terletak di Jalan Abdul Ancis Pangkalan Bun, Ruhama dan Kita Jua yang di Jalan HM Rafi’i, serta sejumlah rumah makan di Jalan Udan Said Pangkalan Bun.
“Salah satu menu andalan di sini adalah ikan nila bakar dan sayur asem,” kata Ibu Fauzi, pemilik tempat makan Kita Jua.
Menurutnya kelezatan makanan yang disajikannya adalah resep dari orang tuanya yang diwariskan kepadanya.
Daging ikan nila yang disajikan di tempat makan ini memiliki rasa gurih dan lembut serta memiliki kematangan yang merata meskipun dimasak dengan cara dibakar.
Daging ikan panas dengan cocolan sambal pedas serta sayuran membuat sensasi rasa yang menggoyang lidah.
Ditambah lagi sayur asam yang disajikan dalam keadaan panas dengan sayuran segar di dalamnya membuat sensasi tersendiri yang membuat efek menyegarkan bagi tubuh.
Ibu Fauzi mengatakan salah satu kunci kelezatan dalam memasak ikan adalah dengan menyajikan ikan segar yang masih hidup untuk dimasak.

Kelebihan ikan
Sajian ikan memiliki kelebihan dibandingkan dengan daging lainnya karena mengandung kolagen yang jumlahnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak.
Hal ini mengakibatkan daging ikan lebih empuk dan mudah dicerna, bahkan oleh bayi sekalipun.
Daging ikan juga mampu menurunkan kolesterol, memperbaiki fungsi dinding pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Karena banyaknya manfaat menu masakan daging ikan, mengonsumsinya menjadi pilihan cerdas.
Selain bermanfaat bagi kesehatan, proses pengolahan daging ikan menjadi menu bercita rasa tinggi bisa dengan berbagai cara. Mulai dari dibakar, digoreng, hingga dibuat sup atau gulai, ikan tetap memiliki cita rasa menggugah selera.

[Sumber : www.borneonews.co.id]