Minuman Berpemanis dan Bersoda Tingkatkan Risiko Hipertensi

by Yg punya blog

Sebuah studi terbaru yang diadakan tim peneliti dari London mengemukakan kenaikan tekanan darah dapat dipicu oleh jumlah minuman kalengan dengan kandungan gula yang tinggi.

Ian Brown, salah satu peneliti dari Department of Epidemiology yang bekerja sama dengan School of Public Health di London mengatakan, gula glukosa dan fruktosa yang ditemukan terkandung dalam minuman tersebut bisa menaikkan tekanan darah.

Penelitian juga menyimpulkan, bahwa konsumsi sekaleng (atau lebih) minuman manis atau minuman soda membuat orang cenderung menjadi lebih banyak makan, menimbun asupan kalori dibanding orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Para peneliti tersebut mengambil sampel penelitian dari sekitar 2700 orang, pria dan wanita, dalam rentang usia 40-59 tahun. Setelah diamati, dalam sehari saja, orang yang mengonsumsi satu minuman berpemanis ternyata memiliki konsumsi gula (baik glukosa, fruktosa, maupun sukrosa) tinggi serta konsumsi kalori ekstra, rata-rata 400 kalori.

Menurut Ian Brown lagi, minuman yang sangat manis memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena efek kurang baik bagi kesehatan. “Tetap lebih baik memilih alternatif minuman yang lebih sehat, misalnya air putih dan teh tanpa gula atau pemanis,” sarannya.